Skip to main content

(Artikel) Aspek Komunikasi Bisnis Dalam Hukum Bisnis

Jakarta, FIKOM UNTAR | 1 November 2023



Apa aja sih sebenernya lingkup dari komunikasi? Kalo belum pada tau, sini mimin bantu jelasin! komunikasi adalah ilmu yang mencakup banyak bidang, seperti bahasa, teknologi, budaya, hukum, dan sosiologi, yang mempelajari cara orang berkomunikasi satu sama lain dan bagaimana pesan dikirim, diterima, dan diproses. Industri musik dan hiburan, media sosial, hukum (terutama negosiasi dan mediasi) dan politik adalah bidang kerjanya.

Disini kita akan bahas aspek dari komunikasi bisnis nih, komunikasi bisnis adalah aspek penting dalam dunia bisnis yang melibatkan pertukaran informasi, ide, dan pesan antara individu atau kelompok yang terlibat dalam aktivitas bisnis. Tujuan dari komunikasi bisnis dapat sangat bervariasi, namun tujuan utamanya adalah memengaruhi opini, tindakan, dan mencapai hasil bisnis yang diinginkan. Nah berikut beberapa tujuan komunikasi bisnis yang umum:

1. Mempengaruhi Opini 

Salah satu tujuan komunikasi bisnis adalah mempengaruhi pandangan dan pendapat orang terhadap perusahaan atau produknya. Ini dapat dilakukan melalui kampanye pemasaran, publisitas, atau komunikasi lainnya.

2. Mempengaruhi Tindakan 

Komunikasi bisnis juga bertujuan untuk mendorong orang untuk mengambil tindakan tertentu, seperti membeli produk atau layanan perusahaan, berinvestasi, atau melakukan tindakan lain yang diinginkan.

3. Mencapai Hasil Bisnis

Hasil bisnis yang diinginkan bisa berupa peningkatan penjualan, pertumbuhan perusahaan, keuntungan yang lebih besar, atau tujuan bisnis lainnya.

Komunikasi bisnis tidak terbatas pada komunikasi internal antara karyawan dalam perusahaan, tetapi juga melibatkan komunikasi eksternal dengan berbagai pihak, seperti pelanggan, rekan bisnis, pemasok (supplier), dan pihak pemerintah. Komunikasi yang efektif dengan semua pihak ini dapat sangat penting dalam memastikan kesuksesan dan kelangsungan bisnis. Dalam konteks komunikasi bisnis, penting untuk mempertimbangkan media dan saluran komunikasi yang tepat, serta pesan yang jelas dan relevan. Selain itu, pemahaman yang baik tentang audiens sasaran dan budaya komunikasi mereka juga sangat penting. Komunikasi bisnis yang baik dapat membangun hubungan yang kuat dan menguntungkan dengan berbagai pemangku kepentingan dalam dunia bisnis.

Dalam konteks hukum bisnis, komunikasi memegang peran yang krusial untuk memastikan transaksi bisnis berjalan dengan baik dan sesuai dengan peraturan dan perjanjian yang berlaku. Berikut adalah beberapa aspek yang lebih mendalam mengenai peran komunikasi dalam hukum bisnis: Negosiasi Kontrak; Penawaran dan Penerimaan; Korespondensi Bisnis; Laporan Keuangan; Transparansi; Kepatuhan Hukum;

Dalam penyelesaian sengketa, komunikator berperan sebagai mediator, arbiter, atau negosiator yang membantu pihak-pihak yang berselisih mencapai kesepakatan atau menyelesaikan sengketa dengan cara yang adil. Kemampuan komunikasi yang baik dalam peran ini sangat penting untuk memastikan penyelesaian yang efektif dan menghindari proses hukum yang mahal dan memakan waktu.

Selain itu, mahasiswa dan fakultas ilmu komunikasi di Universitas Tarumanagara (Untar) juga terlibat dalam pembahasan mendalam mengenai komunikasi dalam penyelesaian sengketa, mempersiapkan para calon profesional komunikasi untuk memahami bagaimana komunikasi dapat berperan dalam konteks hukum bisnis. 


Artikel ini disusun oleh: Rana Qothrunnada - 915200130 

Comments

Popular posts from this blog

INFOGRAFIS - KOMUNIKASI EFEKTIF DAN AJAKAN MELESTARIKAN LINGKUNGAN

  Infografis ini dipublikasikan oleh Rana Qothrunnada - 915200130

JURUS MEMAKSIMALKAN MEDIA SOSIAL DI ERA TRANSFORMASI MASYARAKAT

  Jangan jadikan media sosial untuk membuat kesan di mata orang, tetapi jadikanlah itu untuk mempengaruhi orang. Kalimat di atas didengar oleh mahasiswa & mahasiswi Fikom Untar pada kesempatan kuliah umum oleh narasumber yang membawakan materi berupa pemanfaatan media sosial yaitu Kak Kumi Laila, S.I.Kom., M.I.Kom di Fikom Untar pada Rabu, 30 Agustus 2023 lalu. Beliau merupakan seorang praktisi di media sosial yang dalam kesehariannya menggeluti dunia media sosial dan berperan untuk menciptakan konten.  Di era yang serba modern ini,  media sosial telah menjadi bagian krusial dalam kehidupan masyarakat yang selalu terhubung antara satu dengan lainnya, khususnya di Indonesia. Hal tersebut semakin diperkuat dengan adanya data dari We Are Social pada Januari 2023 bahwa pengguna aktif media sosial di Indonesia telah menyentuh angka 167 juta orang dengan rata-rata penggunanya menghabiskan waktu selama 7 jam untuk mengakses internet (Widi, 2023).  Tidak sembarangan hal dapat dilakukan di

"Pemanfaatan Media Sosial di Era Connected Society" ' 2023

  Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara pada 29 – 30 Agustus 2023, telah menyelenggarakan kuliah umum dengan tema “Pemanfaatan Media Sosial di Era Connected Society” dengan pembicara utama Ibu Kumi Laila., S.I.Kom.,M.I.Kom selaku praktisi Media Sosial. Kuliah umum ini dilaksanakan pukul 09.00 – 11.00 di Gedung utama Fakultas Ilmu Komunikasi lantai 11.   Kuliah umum tersebut dihadiri seluruh mahasiswa semester 7 Fikom Untar yang sedang mengambil mata kuliah Kapita Selekta. Dalam presentasi kuliah umum ini, Ibu Kumi Laila., S.I.Kom.,M.I.Kom membahas seputar bentuk – bentuk dari Media Sosial, Kekurangan dan Kelebihan Media Sosial. Pembahasan juga tertuju kepada Era Connected Society yang telah mengubah banyak hal diantaranya dunia marketing, kehumasan, proses bisnis, hingga Pendidikan. Jumlah pengguna Media Sosial di Indonesia yang tercatat hingga 212,9 juta menjadikan Media Sosial sebagai ranah strategi bisnis yang akan menentukan masa depan perusahaan. Selain itu, Ibu Kumi L