Skip to main content

JURUS MEMAKSIMALKAN MEDIA SOSIAL DI ERA TRANSFORMASI MASYARAKAT

 


Jangan jadikan media sosial untuk membuat kesan di mata orang, tetapi jadikanlah itu untuk mempengaruhi orang.

Kalimat di atas didengar oleh mahasiswa & mahasiswi Fikom Untar pada kesempatan kuliah umum oleh narasumber yang membawakan materi berupa pemanfaatan media sosial yaitu Kak Kumi Laila, S.I.Kom., M.I.Kom di Fikom Untar pada Rabu, 30 Agustus 2023 lalu. Beliau merupakan seorang praktisi di media sosial yang dalam kesehariannya menggeluti dunia media sosial dan berperan untuk menciptakan konten. Di era yang serba modern ini, media sosial telah menjadi bagian krusial dalam kehidupan masyarakat yang selalu terhubung antara satu dengan lainnya, khususnya di Indonesia. Hal tersebut semakin diperkuat dengan adanya data dari We Are Social pada Januari 2023 bahwa pengguna aktif media sosial di Indonesia telah menyentuh angka 167 juta orang dengan rata-rata penggunanya menghabiskan waktu selama 7 jam untuk mengakses internet (Widi, 2023). 

Tidak sembarangan hal dapat dilakukan di media sosial apabila ingin merasakan manfaat atau dampak positifnya. Diperlukan pengenalan karakteristik dari setiap media sosial, seperti informasi yang disampaikan dikonsumsi dan penerima pesan adalah pihak yang bisa menentukan waktu untuk berinteraksi. Selain itu, media sosial cepat tanggap dengan adanya isu atau tren terbaru sehingga lebih cepat dalam menyebarluaskan informasi. Secara keseluruhan, media sosial menawarkan fleksibilitas yang besar dalam berbagi informasi, berkomunikasi, dan ikut serta dalam lingkungan yang terus berkembang secara digital.

Pada kuliah umum ini juga narasumber memperkenalkan konsep "SHARE" yang memiliki kepanjangan Story, Hype, Actionable, Relevant & Emotional. Pertama, story yang dimaksud adalah bagaimana narasi dalam konten yang dibangun untuk menarik perhatian sesama pengguna media sosial. Kedua, hype bertujuan untuk megikuti arus yang sedang menjadi topik hangat di platform media sosial. Ketiga, actionable berarti memberikan kesempatan pada pengguna untuk bereaksi. Keempat, relevant & emotional memiliki arti berhubungan dengan konteks tertentu serta mendorong masyarakat untuk menyebarkan narasi. Selain konsep tersebut, terdapat juga lima elemen yang mebuat warganet lebih menyelami konten di media sosial, yaitu meliputi daya jangkau isu (magnitude), kedekatan isu dengan audiens (proximity), melibatkan secara lebih unsur-unsur emosional (dramatis), melibatkan konflik, dan melibatkan ketokohan.

Maka, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial di zaman yang serba terhubung (connected society) ini telah membuka pintu bagi dampak positif apabila telah mengaplikasikan cara/konsep di atas. Dengan konsistensi dalam membangun konten, berinteraksi, dan beradaptasi, media sosial dapat menjadi media yang bisa mencapai tujuan-tujuan penggunanya. Masyarakat yang semakin terhubung secara digital tentunya akan mengarahkan pada peluang yang tak berujung dan pemanfaatan media sosial yang cermat serta bijak merupakan kunci kesuksesannya.


(Artikel ini disusun oleh: Gabriella - NIM 915200127)

Referensi: 

Widi, S. (2023, February 3). Pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta pada 2023. DataIndonesia.id. https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

INFOGRAFIS - KOMUNIKASI EFEKTIF DAN AJAKAN MELESTARIKAN LINGKUNGAN

  Infografis ini dipublikasikan oleh Rana Qothrunnada - 915200130

"Pemanfaatan Media Sosial di Era Connected Society" ' 2023

  Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara pada 29 – 30 Agustus 2023, telah menyelenggarakan kuliah umum dengan tema “Pemanfaatan Media Sosial di Era Connected Society” dengan pembicara utama Ibu Kumi Laila., S.I.Kom.,M.I.Kom selaku praktisi Media Sosial. Kuliah umum ini dilaksanakan pukul 09.00 – 11.00 di Gedung utama Fakultas Ilmu Komunikasi lantai 11.   Kuliah umum tersebut dihadiri seluruh mahasiswa semester 7 Fikom Untar yang sedang mengambil mata kuliah Kapita Selekta. Dalam presentasi kuliah umum ini, Ibu Kumi Laila., S.I.Kom.,M.I.Kom membahas seputar bentuk – bentuk dari Media Sosial, Kekurangan dan Kelebihan Media Sosial. Pembahasan juga tertuju kepada Era Connected Society yang telah mengubah banyak hal diantaranya dunia marketing, kehumasan, proses bisnis, hingga Pendidikan. Jumlah pengguna Media Sosial di Indonesia yang tercatat hingga 212,9 juta menjadikan Media Sosial sebagai ranah strategi bisnis yang akan menentukan masa depan perusahaan. Selain itu, Ibu Kumi L